Robustbeauty.netpertumbuhan gigi pada bayi bisa menyebabkan beberapa hal seperti bayi mudah menangis, rewel, tidak bisa tidur nyenyak, penurunan selera makan dan lain sebagainya. Hal seperti ini terjadi karena ketika gigi tumbuh, gusi akan mengalami penekanan dan menimbulkan rasa sakit sehingga membuat bayi tidak nyaman.

pertumbuhan pada gigi bayi

Setiap bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi akan mengalami gejala, tetapi tidak semua bayi memiliki gejala yang sama. Oleh karena itulah anda perlu mengetahui gejala apa saja yang bisa timbul ketika hal seperti ini terjadi agar anda tidak panik.

Ketika proses tumbuhnya gigi pada bayi, hal ini akan membuat anda merasa takut akan terjadi sesuatu pada bayi anda. Apalagi ketika gusi nya terasa sakit, anda perlu memberikan penanganan agar bayi anda tidak menangis terus menerus.

Apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi ketika bayi anda tumbuj giginya? Simak ulasan nya berikut ini:

1. Gosok Dengan Lembut

Anda bisa menggosok gusi bayi anda dengan jari yang bersih atau menggunakan kain kasa steril dengan lembut. Jangan menggunakan tisu karena itu bisa termakan oleh si kecil. Tekanan dari jari ibu bisa meredakan rasa gatal atau tidak nyaman pada gusi karena tumbuh nya gigi sehingga si kecil akan merasa lebih nyaman dan tidak kesakitan.

2. Berikan Makanan Keras

Berikan makanan yang cukup keras karena itu bisa membuat nya lebih tenang, hal ini dikarenakan gigi yang tumbuh akan menimbulkan rasa gatal sehingga makanan yang keras akan membuat nya tidak terasa. Berikan makanan seperti mentimun yang sudah dikupas dan bersih, dan pastikan ukuran nya cukup besar agar si kecil tidak tersedak.

3. Berikan Teether Dingin

Berikan teether dingin atau kasa dingin pada si kecil akan membuat nya merasa sedikit lebih nyaman. Pertama simpan teether pada lemari es, kemudian biarkan mereka menggigt nya setiap kali mereka merasa tidak nyaman. Tetapi jangan sampai teether tersebut teramat dingin karena bisa membuat gigi nya mengalami hal buruk, oleh karena itulah jaga suhu nya.

4. Lap Air Liur

Seka air liur si kecil sesering mungkin karena itu bisa membuat ruam sekitar mulut nya seperti pipi dan dagu nya terkontak dengan air liur terlalu lama.
Pertumbuhan gigi pada bayi akan membuat nya selalu mengeluarkan air liur terlalu banyak. Sebaiknya anda lap air liur nya secara berkala agar air liur tersebut tidak menimbulkan sebuah penyakit lain pada kulit bayi.

5. Konsultasi Dokter

Cara yang paling akhir adalah dengan mengkonsultasikan nya dengan dokter karena bayi akan sering rewel pada saat gigi si kecil tumbuh. Jangan sampai anda memberikan obat gigi tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari efek samping negative obat.

Obat untuk bayi dosis nya tidak sama dengan obat orang dewasa, jika salah pemberian obat akan membuat bayi mengalami penyakit yang serius nantinya. Jadi berhati-hatilah agar tidak terjadi hal buruk hanya karena gigi bayi anda sedang tumbuh.

Itulah 5 Cara Mengatasi Pertumbuhan Gigi Pada Bayi yang bisa kami informasikan untuk anda, semoga bisa membantu dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan suatu tindakan. Lebh baik lagi dengan dokter spesialis agar lebih memahami tentang si kecil. Baca juga artikel lainnya dalam blog ini, mungkin saja berguna untuk anda sekarang atau masa yang akan datang.