Robustbeauty.netPerkembangan janin pada trimester terakhir yaitu, turunnya kepala janin (jika posisi bayi normal dengan kepala berada dibawah . Dan menjelang minggu-minggu akhir kehamilan, rahim akan turun karena posisi bayi yang juga mulai menurun dan kepalannya masuk ke tulang panggul.

Perkembangan Janin Pada Trimester Terakhir

Pada trimester ini, biasanya sang ibu mulai merasakan sensasi tegang dan mengeras pada area sekitar rahim. Jika demikian mengalami seperti itu, artinya ibu sedang mengalami kontraksi palsu atau yang lebih umum di kenal dengan istilah Braxton-Hicks Contraction. Bahkan hal ini bisa terjadi berlebihan sakitnya sehingga kadang si ibu masa seperti waktu melahirkan sudah tiba. Cepat lelah dan mengantuk yang terjadi kemungkinan akan di rasakan lagi di trimester terakhir ini.

Hal tersebut biasa terjadi karena perut sang ibu semakin membesar dan bebannya juga semakin berat. Blum lagi ibu akan mengalami kesulitan dalam memilih posisi tidur. Meskipun demikian, umumnya, hal yang akan terjadi 2-3 minggu menjelang hati perkiraan lahiran, ibu akan bisa bernafas lega dikarenakan diagfragma ibu tidak akan lagi tertekan.

Mari kita ulas perkembangan janin di trimester terakhir :

Usia janin minggu ke-28

Pada usia ini janin bisa di bilang sudah cukup sempurna. Namun, janin pada usia ini masih di masukan ke dalam kategori sebagai janin prematur. Jantungnya di perkirakan berdegup sebanyak 150 degupan per-menit. Berat badan janin di usia ini sudah mencapai 900 gram. Selain itu, dalam beberapa minggu ke depan, ibu akan sering merasakan kram pada kaki, sembelit, wasir, sulitnya tidur, dan gangguan lainnya. Untuk menangani jika hal itu terjadi pada ibu, sesekali tepuk perut dengan lembut. Jika janin bereaksi, lakukan beberapa kali untuk dapat merangsang daya konsentrasinya.

Usia janin minggu ke-29

Pada usia ini janin sudah semakin membesar dan memenuhi seluruh ruang yang ada di dalam perut. Dari mulai ukuran kepa yang mulai seimbang dengan ukuran badannya. Kening dan buluh mata tumbuh sepwnuhnya. Rambut-rambut yang ada di badan juga akan terus tumbuh. Berat janin di usia ini sudah mencapai 1250 gram dengan panjang 38 cm. Selain itu, yang di rasakan ibu yaitu, kulit mulai tertarik ke segala arah dan mengembang sehingga lapisan kulit terkesan agak tipis. Dan ibu akan merasakan kulit berurusan dengan gatal-gatal pada bagian kulit. Untuk menghindari itu, ibu sebaiknya rajin mengoleskan pelembab di area kulit yang gatal.

Usia janin minggu ke-30

Pada usia ini janin memasuki berat mencapai 1400 gram dengan panjang 38 cm. karena, puncak rahim yang berada 10 cm di atas pusar memperbesar rasa yang amat tidak nyaman, terutama di bagian panggul dan perut seiring bertambah besar kehamilan. Minta lah suami untuk merasakan gerakan si kecil, dengan cara meraba perut ibu. Aktifnya gerakan si bayi akan membuat ibu merasa nyeri. Mulai dari denyutan halus, sikutan, tendangan sampai gerakan cepat yang meliuk-liuk. Aktifnya gerakan ini tak mustahil akan membentuk simpul-simpul. Namun, jika sampai simpul membentuk mati tentu sangat bahaya karena suplai gizi dan oksigen dari ibu jadi terhenti atau paling tidak akan terhambat.

Usia janin minggu ke-31

Perkembangan janin usia 31 minggu diperkirakan sudah memasuki berat 1600 gram dengan panjang 40 cm. Untuk ibu waspada bila muncul terjadinya gejala nyeri di bawah tulang iga sebelah kanan, sakit kepala dan penglihatan berkunang-kunang. Terutama bila di sertai dengan adanya tekanan darah tinggi yang sudah mencapai peningkatan lebih dari 30 ml/hg. Periksalah tekanan darah ibu secara rutin pada saat kunjungan ke bidan/dokter. Di cermati pula gangguan aliran darah ke anggota tubuh bawah yang membuat kaki ibu menjadi bengkak. Pada saat gangguan ringan, ibu di anjurkan untuk lebih banyak beristirahat yang cukup dengan berbaring miring, dan untuk mengurangi aktifitas yang berlebih terlebih dahulu.

Usia janin minggu ke-32

Pada usia ini bayi harus memiliki berat badan yang berkisar antara 1800-2000 gram dengan panjang 42 cm. Pada di minggu ini ibu harus rutin kunjungan ke bidan/dokter dari sebulan hanya sekali menjadi 2 minggu sekali. Karena pada umumnya hemodilusi atau pengenceran darah mengalami puncaknya di minggu ini. Ibu hamil yang mempunyai kelainan jantung, hipertensi, dan preeklampsia, mesti hati-hati. Sebab dengan jumlah darah yang semakin banyak, makan beban kerja pun semakin meningkat. Pada ibu yang mengalami gangguan jantung dan tekanan darah, tentu makin besar pula peluang terjadinya penjepitan di area pembuluh-pembuluh darah. Sampak selanjutnya adalah tekanan darah akan meningkat. Gangguan semacam ini tidak hanya bahaya bagi ibu tapi juga pada si bayi, sehingga perlu di pertimbangkan untuk di lahirkan. Terlebih lagi bila terjadi tekanan darah yang tak kunjung turun. Hal ini akan memperburuk kondisi.

Usia janin minggu ke-33

Pada usia ini bayi beratnya lebih dari 2000 gram dan panjangnya 43 cm. Di minggu ini ibu mesti mewaspadai terjadknya plasenta lepas dari dinding rahim. Bisa jadi terlepas sebagian saja atau malah terlepas total yang bisa mengakibatkan ibu syok akibat kehilangan darah dalam jumlah yang besar maupun kematian bayi. Penyebabnya belum di ketahui pasti, namun di duga akibat ibu mengalami benturan yang sangat keras, tali pusar yang pendek, hipertensi, keabnormalan rahim maupun kekurangan asam folat. Bagi ibu yang perokok aktif dan mengkonsumsi minuman keras bisa di presiksi akan mengalami masalah ini. Yang harus selalu ibu waspadai yaitu pecahnya ketuban. Bila hal itu terjadi tidak ada cara lain langsung segera hubungi dokter.

Usia janin minggu ke-34

Pada usia ini berat bayi hampir mencapai 2275 gram dengan panjang sekitar 44 cm. Di minggu ini di lakukan tes untuk menilai kondisi kesehatan bayi secara umum. Biasanya menggunakan USG untuk melakukan pemeriksaan, terutama evaluasi terhadap otak bayi, jantung dan organ lainnya.

Usia janin minggi ke-35

Pada usia ini bayi beratnya 2450 gram dengan panjang sekitar 45 cm. Yang terpenting di minggu ini adalah fungsi paru-paru bayi sudah matang. Kematangan paru-paru sangat menentukan life viabilitas atau kemampuan bayi untuk bisa bertahan hidup. Kematangan fungsi paru-paru ini sendiri akan dilakukan lewat pengambilan cairan amnion untuk bisa menilai lesitin spingomyelin atau selaput tipis yang menyelubungi paru-paru.

Usia janin minggu ke-36

Pada usia ini berat bayi mencapai 2500 gram dengan panjang 46 cm. Pada minggu ini perlu adanya tes kematangan paru apabila ibu muncul keraguan taksiran usia kehamilan. Terutama untuk ibu yang tidak ingat kapan menstruasi terakhir. Untuk minggu ini kepala bayi sudah mengarah ke bawah menuju jalan lahir. Tapi jika belum ibu tidak perlu khawatir, bayi ibu akan terampil mencari jalan lahir.

Usia janin minggu ke-37

Pada usia ini bayi beratnya 2950 gram dengan panjang 47 cm. Di usia ini bayi sudah siap lahir di karnakan seluruh fungsi organ-organ tubuhnya sudah bisa matang untuk bekerja sendiri. Dan di minggu ini biasanya melakukan pemeriksaan dalam mengevaluasi kondisi kepala bayi, guna untuk mengetahui sudah mencapai di pembukaan berapa.

Usia janin minggu ke-38

Pada usia ini berat bayi sekitar 3100 gram dengan panjang 48 cm. Ibu sudah mulai cemas untuk menantikan saat-saat lahiran, hal ini bisa membuat ibu mengalami puncak pada gangguan emosional. Bila ibu mengalami ini, sebaiknya ibu melakukan relaksasi dengan cara melatih pernapsan sebagai bekal menjelang waktu kelahiran.

Usia janin minggu ke-39

Pada usia ini berat bayi mencapai 3250 gram dengan panjang kisaran 49 cm. Di minggu ini dokter yang menangani si ibu biasanya siap siaga menjaga kehamilan agar jangan sampai bayi postmatur atau lewat waktu. Karena bila terjadi hal demikian, plasenta tak akan mampu lagi menjalani fungsinya untuk menyerap suplai makanan dari ibu ke bayi, hingga kekurangan gizi.

Usia janin minggu ke-40

Pada usian ini berat badan bayi mencapai 3300 gram dengan panjang kisaran 45-55 cm. Di minggu ini bayi benar-benar siap untuk di lahirkan. Jika laki-laki, testisnya sudah turun ke skrotum, sedangkan pada wanita, bibir kemaluan bagian luar sudah berkembang baik menutupi bibir kemaluan bagian dalam. Jika di hitung, pada akhir proses pertumbuhan embrio menjadi manusia, beratnya mencapai sekitar 8 juta kali lebih besar di bandingkan berat sel telur yang membentuknya.

Jika terjadi kontraksi saat hamil sebaiknya segera menuju ke bidan atau ke dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Semoga artikel diatas berguna dan bisa bermanfaat untuk para ibu hamil yang sedang membutuhkan informasi tersebut.