Robustbeauty.net – banyak orang tua sekarang mengabaikan manfaat ASI bagi bayi. Padahal sebagai orang tua mempunyai tanggung jawab untuk memberikan semua yang terbaik untuk si kecil. Nah, ASI adalah nutrisi terbaik untuk mendukung tumbuh kembang bayi agar maksimal.

Hai para orang tua, apakah kalian semua tidak sadar ? jika dalam kemasan susu formula ada tulisan “ASI (air susu ibu) merupakan asupan nutrisi terbaik untuk bayi.” Jadi seharusnya ayah bunda tidak memberikan susu formula sebagai sumber utama nutrisi untuk si kecil.

manfaat penting ASI untuk bayi

Foto oleh pondokibu

Dan sebagai orang tua harusnya anda memberikan ASI untuk si kecil. Apabila ASI tidak keluar, cobalah terlebih dahulu untuk merangsangnya melalui makanan- makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Jika semua langkah tidak berhasil, anda baru boleh memberikan bayi tersebut susu formula. Susu formula adalah upaya terakhir untuk menggantikan ASI karena ada sebabnya.

Manfaat ASI Ekslusif Untuk Bayi

Pemberian ASI eksklusif dari usia 0 hingga 6 bulan adalah wajib. Kenapa bisa dibilang wajib ? karena banyak sekali manfaat ASI untuk bayi yang tidak dapat dihasilkan jika menggunakan susu formula. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari ASI :

1. Membangun Kedekatan
Istilahnya ikatan batin antara anak dan orang tua. Akan sangat berbeda dengan anak yang menggunakan susu formula. Biasanya si kecil yang diberikan ASI dari bayi, lebih dekat dengan sang ibu dari mulai hal yang terkecil. Terkadang anak yang meminum ASI akan lebih dekat ke ibunya daripada kepada Ayahnya.

2. Nutrisi Paling Lengkap
Lupakan semua iming-iming iklan susu formula. Karena ASI adalah susu paling lengkap kandungan nutrisi untuk si kecil. Nutrisi yang cocok untuk mendukung tumbuh kembangnya. ASI susu paling steril dan tidak mudah basi jika dibandingkan dengan susu formula. Jadi pastikan anak anda mendapatkan nutrisi paling lengkap dari ASI.

3. Susu Kekebalan Anak
ASI sudah lengkap nutrisinya, dan juga anak yang menggunakan ASI biasanya lebih tahan daya tahan tubuhnya. Ayah bunda bisa mencoba membandingkan kedua anak yang berbeda, satu anak diberikan ASI sedangkan yang satu lagi diberikan susu formula. Maka dapat dipastikan anak yang meminum ASI akan lebih optimal dalam kekebalan tubuhnya.

Catatan untuk para Ibu yang memberikan ASI kepada anaknya : makananlah makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi agar ASI yang dihasilkan juga terbaik kualitasnya. Hindari makanan yang terlalu pedas dan makanan junk food yang tidak cocok untuk si kecil. Jika anak susah memakan makanan pendamping ASI, anda bebas makan makanan apa saja asalkan dikondisikan dengan anak.

Para Ibu yang menyusui biasanya akan sering lapar, walaupun begitu hindari menyemil makanan sembarangan. Makanlah cemilan sehat hasil dari olahan sendiri agar terhindari dari bahan kimia. Jika kita buat sendiri cemilannya, maka prosesnya pasti akan bersih dan tidak sembarangan dalam mengolahnya. Cemilan terbaik adalah buah-buahan dan sayuran karena mengandung banyak vitamin dan termasuk makanan yang kayak akan sehat dan sehat pastinya.

Demikianlah tentang sedikit informasi tentang manfaat ASI bagi bayi. Semoga dapat bermanfaat dan pastinya mendorong orang tua untuk menyusui anaknya secara penuh. Dan untuk pasangan muda, tinggalkan pekerjaan anda untuk memberikan yang terbaik kepada anak anda. Ada hal yang paling penting, jika anda menyusui anak maka anda terlepas dari dosa dalam mengabaikan anak karena tidak memberikan ASI. Padahal ASI tersebut lancar tanpa hambatan.