Robustbeauty.net – Tahukah ibu, ada beberapa tahapan diusia berapakah bayi anda bisa duduk sendiri. Kapan bayi bisa duduk atau bagaimana bayi bisa belajar untuk duduk sendiri ? Ini dia beberapa tahapannya :

kapan bayi bisa duduk sendiri

Usia 4 Bulan

Ketika bayi sudah bisa menggerakan dan mengangkat kepalanya adalah tanda-tanda kalau tulang belakang serta leher bayi sudah berkembang secara sempurna.awal mula si bayi belajar untuk duduk sendiri yaitu,dimulai dari ia belajar mengangkat kepalanya saat ia dalam posisi tengkurap. Dari situlah, si bayi mulai mencari cara bagaimana ia bisa menopang tubuhnya dengan tangan pada saat posisi dada menempel di lantai.

Usia 5 Bulan

Pada usia ini kemampuan duduk bayi blum stabil. Meski otot punggungnya sudah cukup kuat namun si bayi masih harus banyak dibantu oleh lengan. Untuk membantu kemampuan bayi untuk duduk, biasanya peran orang tua yang sangat membatu. Pada saat bayi posisi terlentang, secara perlahan angkat badannya lalu gerakan sampai posisi badan terangkat hingga posisi bayi duduk selama beberapa waktu. Agar lebih menyenangkan gunakan mainan atau suara-suara yang dapat menarik perhatian sia bayi. Kemudian, coba dibiasakan bayi bermain dalam posisi tengkurap. Hal itu dapat membantu menguatkan otot bagian kepala, leher, bahu, dan punggung yang mempengaruhi bayi dalam kemampuan duduknya.

Usia 6 Bulan

Biasanya otot-otot punggung dan lehernya sudah mampu untuk menopang tubuhnya sendiri. Setelah ia sudah bisa mengangkat tubuhnya saat tengkurap, ia pun pasti tahu caranya menyangga tubuhnya dengan menggunakan kedua lengannya seperti macam push-up. Dan ketika ia sudah bisa duduk dengan baik walau masih dibantu, tetap peran orang tua sangat penting, pada saat bayi anda sedang belajar duduk sendiri dipastikan selalu dalam pengawasan, dan jangan sesekali anda melepaskan pandangan darinya. Pastikan anda selalu berada disampingnya untuk selalu mengawasi dan selalu memberikan dukungan dan bantuan. Anda juga bisa menaruh bantal dibelakangannya untuk berjaga- jaga jikalau ia terjatuh.

Usia 7 Bulan

Si kecil mulai bisa duduk sendiri yang dimulai dari ia tengkurap dan bangun sendiri dengan menggunakan tangannya. Saat bayi sudah mampu duduk, bukan berarti sudah langsung stabil. Sebagai orang tua hatus tetap bersiaga, sebab bayi akan mulai banyak terjatuh kesamping setelah ia mulai pada posisi duduk. Tahap awal bayi duduk diperkirakan sekitar 1-3 detik saja, sebelum akhirnya ia terjatuh. Lalu seiring dengan perkembangan kekuatan ototnya maka bayi pun akan mampu duduk lebih lama. Mulai berikan mainan yang dapat ia raih untuk melatih keseimbangan dengan tangannya. Dan setelah bayi mulai duduk dengan stabil, maka ia akan mulai mencoba posisi baru dengan kaki dan tangannya, yaitu merangkak. Dan biasannya ia sudah mulai aktif merangkak dan bergerak aktif pada usia selanjutnya.

Nah jadi ketika ditannya di usia berapakah bayi mulai bisa duduk sendiri ? Jawabannya yaitu ketika bayi berusia 7 hingga 8 bulan. Ada sebagian anak yang telat perkembangannya, bisa juga karena kurang latihan. Maka tidak heran jika perkembangannya sangat lama. Bagaimana ia bisa duduk dan merangkang, jika selama ini ia tidak kita kasih kesempatan untuk berlatih.

Selain itu, bayi yang mempunyai masalah pada berat badan juga akan membutuhkan waktu yang lama untuk ia belajar duduk. Tidak gampang bagi bayi yang mempunyai tubuh besar untuk menjaga keseimbangan saat ia duduk. Jika si kecil masih belum bisa duduk , sebagai orangtua jangan panik karena setiap anak berbeda-beda perkembangannya. Pada usia anak sampai menginjak usia 10 bulan belum bisa juga duduk sendiri, untuk orang tua bisa langsung bawa bayinya ke dokter anak untuk segera dikonsultasikan pada sang dokter.